Electronic Resource
TA _ Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Alat Peraga untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri Kie
ABSTRAK
Ketidaktepatan model pembelajaran dan alat peraga yang digunakan guru dalam proses pembelajaran membuat rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri Kie. Pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode ceramah atau pembelajaran berpusat pada guru dan siswa tidak dilibatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) berbantuan alat peraga jamur terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretets posttest. Sampel penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri Kie terdiri dari 1 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian pada kelas sebelum melakukan perlakuan diperoleh nilai rata-rata 46% dan sesudah menerapkan model pembelajaran GI diperoleh nilai rata-rata 82%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran GI berbantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Kie dilihat dari rata-rata N-Gain.
Kata Kunci : Alat peraga, Hasil Belajar,Group Investigation
Abstract
The inappropriate use of learning model and aids by teachers in teaching and learning process causes students’ low learning outcome on Biology course in SMA Negeri Kie. Commonly, conventional teaching technique in which teacher-centered learning still occur as the most common technique used in teaching and learning process. Students are not very greatly involved along the process. This study is basically aimed at finding out the effect of Group Investigation model assisted with mushrooms as the learning aids toward their learning achievement. One group pretest postest was the design used in this study. One group of students in grade X consisted of 16 students were the sample of this study. N-Gain was the formula used to analize the data. The average score of students before treatment reached 46% and it improved to be 82% after the treatment using Group Investigation learning model. Relying on the result, it can be concluded that the use of Group Investigation model assisted with learning aids is effective to improve the grade X students of SMA Negeri Kie learning achievement.
Keywords: Learning Aids, Learning Achievement, Group Investigation
TA _ 00301 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain