ABSTRAK Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, masih menggunakan metode ceramah sehingga sis…
ABSTRAK Pembelajaran biologi masih berfokus pada guru, buku dan metode yang digunakan yaitu metode ceramah sehingga media pembelajaran alat peraga masih kurang diterapkan dalam proses mengajar yan…
ABSTRAK Proses pembelajaran masih cenderung pasif, siswa hanya mendengar dan mencatatapa yang disampaikan oleh guru, siswa kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran, sehingga pembelajara…
ABSTRAK Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi di SMA Kristen 1 Soe, kurang menerapkan model pembelajaran yang berinovasi sehingga menurunnya aktivitas belajar …
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas VII3 dalam memahami materi biologi di SMP Negeri 3 Soe. Analisis data dilakukan secara kualitatif de…
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP Swasta Kristen 2 Soe. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuli…
ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri Satu Atap Penmina, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa kurang baik, kurang termotivasi, kurangnya semangat, rasa bosan dikelas, siswa tidak ak…
ABSTRAK Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan mo…
Abstrak Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. p…
ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Amanuban Tengah, guru tidak menerapan model pembelajaran yang efektif dan berinovatif. Hal tersebut berpengaruhi pada hasil belajar Ipa Biologi …