Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP OEUSAPI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol pada kelas VIII SMP Negeri Satap Oeusapi dengan penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division. Desain penelitian yang digunakan adalah control-group post test only design, yang melibatkan 2 kelas yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 44 orang. Sampel diambil secara Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji t-test dan keaktifan yang dianalisis menggunakan Mr. Excel untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan uji t- test yaitu 0.117, yang berati 0,117 > 0,05 maka H0 diterima, yang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan rata-rata keaktifan belajar siswa kelas kontrol adalah 40 sedangkan rata-rata keaktifan belajar siswa kelas eksperimen adalah 69. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol pada kelas VIII SMP Negeri Satap
Oeusapi dengan penggunaan model pembelajaran STAD.
Kata kunci: Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif, Cooperative Student Team Achievement Division
ABSTRACT
This study aims to determine the differences in activeness and learning outcomes of students in the experimental and control classes in class VIII SMP Negeri Satap Oeusapi by using the Student Team Achievement Division learning model. The research design used was a control-group post test only design, which involved 2 classes namely class VIII1 as the experimental class and class VIII2 as the control class totaling 44 samples taken by Cluster Random Sampling. Data collected through learning outcomes test analyzed using t-test and activity which was analyzed using Mr. Exel to determine
differences in student activity and cognitive learning outcomes. The result showed that the significant value of the t-test was 0,117, which means 0,117 > 0,05 then H0 is accepted, which means that there is a difference in student learning outcomes between the experimen class and the control class. And the average student learning activity of the experimen class student is 69. So that it can be concluded that there are differences in student activity and learning outcomes in the eksperimen class and the control class in the class VIII of SMP Negeri Satap Oeusapi with the use of the STAD learning model.
Key words: Activeness and Cognitive Learning Outcomes, Cooperative Student Team Achievement Division
TA _ 00245 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain