Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP OEUSAPI

Electronic Resource

TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP OEUSAPI

Tenis, Yemima A. - Nama Orang; Billik, Agsen H.S. - Nama Orang; Leo, Marince I. - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol pada kelas VIII SMP Negeri Satap Oeusapi dengan penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division. Desain penelitian yang digunakan adalah control-group post test only design, yang melibatkan 2 kelas yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 44 orang. Sampel diambil secara Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji t-test dan keaktifan yang dianalisis menggunakan Mr. Excel untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan uji t- test yaitu 0.117, yang berati 0,117 > 0,05 maka H0 diterima, yang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan rata-rata keaktifan belajar siswa kelas kontrol adalah 40 sedangkan rata-rata keaktifan belajar siswa kelas eksperimen adalah 69. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol pada kelas VIII SMP Negeri Satap
Oeusapi dengan penggunaan model pembelajaran STAD.
Kata kunci: Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif, Cooperative Student Team Achievement Division
ABSTRACT
This study aims to determine the differences in activeness and learning outcomes of students in the experimental and control classes in class VIII SMP Negeri Satap Oeusapi by using the Student Team Achievement Division learning model. The research design used was a control-group post test only design, which involved 2 classes namely class VIII1 as the experimental class and class VIII2 as the control class totaling 44 samples taken by Cluster Random Sampling. Data collected through learning outcomes test analyzed using t-test and activity which was analyzed using Mr. Exel to determine
differences in student activity and cognitive learning outcomes. The result showed that the significant value of the t-test was 0,117, which means 0,117 > 0,05 then H0 is accepted, which means that there is a difference in student learning outcomes between the experimen class and the control class. And the average student learning activity of the experimen class student is 69. So that it can be concluded that there are differences in student activity and learning outcomes in the eksperimen class and the control class in the class VIII of SMP Negeri Satap Oeusapi with the use of the STAD learning model.
Key words: Activeness and Cognitive Learning Outcomes, Cooperative Student Team Achievement Division


Ketersediaan
TA _ 00245My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
Hasil Belajar kognitif
Keaktifan
Pendidikan Biologi 2021
Cooperative Student Team Achievement Division
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tenis, Yemima A.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP OEUSAPI
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik