Electronic Resource
TA _ PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN
Abstrak
Prestasi belajar merupakan suatu pencapaian oleh peserta didik dengan berbagai usaha dan kemampuannya guna mendapatkan hasil yang maksimal. Keaktifan merupakan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dengan tujuan agar memiliki keberhasilan dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan kajian tentang pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar biologi pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan subjeknya adalah siswa yang mengikuti mata pelajaran biologi pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Hasil penelitian
menunjukkan besarnya nilai signifikansi pada uji normalitas sebesar 0,517>0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Nilai signifikansi deviasi dari linearitas sebesar 0,133>0,05 maka terdapat pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar biologi pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Besarnya pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar biologi pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan adalah 87,1% sedangkan sisanya 12,9% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi yang diperoleh Ŷ= 32,037+0,314X
Kata Kunci; keaktifan siswa, prestasi belajar biologi
Abstract
Learning achievement is a result that should be achieved by students by doing various efforts to gain maximum result. Activeness constitutes student involvement in processes learning with intent that have success in learned. To the effect this research is subject to be result study about influence Activeness student in processes learning to biological learned achievement on growth and developing material on botanical. This research utilize quantitative survey method with subjeknya is student that follow biological subject on growth and developing material on botanical. Result observationaling to point out outgrows it signifikansi's point on tests normality as big as 0,517>0,05 therefore get to be concluded
that residual value gets normal distribution. signifikansi deviation from linearity's point as big as 0,133>0,05 therefore available influence Activeness students in processes learning to biological learned achievement on growth and developing material on botanical. Its outgrows affecting keaktifan student in processes learning to biological learned achievement on growth and developing material on botanical is 87,1% meanwhile its rest 12,9% regarded by unanalyzed other factor deep observational it. Acquired regression equation Y= 32,037+ 0,314X
Key word; student active, biological studying achievement
TA _ 00244 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain