Electronic Resource
TA _ Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping dan Make A Match Berorientasi Pada Pemaham Konsep Belajar Siswa
ABSTRAK
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping dan make a match berorientasi pada pemahaman konsep belajar siswa yang dilihat dari hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-experimental dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Penelitan ini dilaksanakan di SMP N 1 Amanuban Selatan tahun ajaran 2019/2020 Jumlah sampel penelitian sebanyak 60 siswa, yang terdiri dari 2 kelas diantaranya kelas VIIId dan kelas VIIIe. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis meliputi pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh menggunakan uji t-test untuk mengetahui perbedaan konsep belajar siswa yaitu 0,118>0,05. Dengan demikian hipotesis alternatif (H0) diterima dan hipotesis (H1) ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep belajar siswa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dilihat dari hasil belajar kognitif siswa.
Kata kunci:, Make a match, mind mapping, dan Pemahaman konsep belajar siswa.
ABSTRAK
This research intent to know learning model influence mind mapping and make a. match get orientation on understanding student concept learning that is seen from studying result . Observational method that is utilized is Quasi experimental with samples taking tech done by ala cluster random is sampling. Penelitan this was performed at SMP n 1 Amanuban school year south 2019 / 2020 Total observational sample as much 60 students, one that consisting of 2 classes amongst those VIII class d and VIII class e . Intrumen who is utilized in this research is essay to be written covers pretest and posttest in double helix form to measure kognitif's studying result siswa. Teknik analisis data that is utilized is quiz affectinging to utilize quiz t test to know the difference student concept learning which is 0,118>0,05. Alternative hypothesis thus (H 0 ) accepted and hypothesis (H 1 ) refused, therefore gets to be concluded that marks sense concept learning grasp step-up student utilize learning model Mind Mapping seen from kognitif's studying result student.
Key word: , Make a. match, mind mapping, and student concept learning Grasp.
TA _ 00238 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain