Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETIDAK ̶ TERCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMA KRISTEN KESETNANA

Electronic Resource

TA _ ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETIDAK ̶ TERCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMA KRISTEN KESETNANA

Klomang, Leni - Nama Orang; Tefu, Meti O. F. I - Nama Orang; Billik, Agsen H.S. - Nama Orang;

ABSTRAK
Ketuntasan belajar dalam pembelajaran mengindikasikan siswa telah menguasai secara tuntas kompetensi dasar suatu mata pelajaran. Untuk menentukan hasil belajar siswa sudah tuntas atau belum ditentukan capaian minimal yang harus dicapai oleh siswa yang biasa disebut dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui faktor penyebab ketidak-tercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Kristen Kesetnana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, lembar angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis angket dan wawancara, ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketidak-tercapaian hasil belajar siswa sesuai KKM yang ditentukan yaitu, siswa memiliki motivasi yang rendah dalam belajar, siswa tidak memiliki minat untuk belajar biologi, siswa kurang adanya kesiapan dalam mengikuti pembelajaran, masih banyak orang tua yang masih belum memperhatikan kegiatan belajar anak, kebutuhan anak, kesulitan anak dalam belajar, dan ada juga orang tua yang memiliki hubungan relasi yang kurang baik dalam lingkungan keluarga, guru belum menggunakan metode dan media pembelajaran secara efektif dan efisien, metode mengantar dan menjemput tugas ke sekolah dinilai tidak efektif, karena siswa dituntut untuk bisa menyelesaikan setiap tugas secara mandiri tanpa didampingi oleh guru, serta kurangnya fasilitas sarana dan prasarana pendidikan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi ketidak-tercapaian hasil belajar siswa sesuai KKM yang ditentukan yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa (internal) dan faktor yang berasal dari luar siswa (eksternal). Faktor internal meliputi motivasi, minat, kesiapan siswa, sedangkan faktor ekternal meliputi lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
Kata kunci : KKM; Faktor Internal; Faktor Eksternal
ABSTRACT
Mastery learning in learning indicates student have completely mastered basic competencies a subject. To determine student learning outcomes have been completed or has not been determinet the minimum achievement what student have to a achievean comonly referred to as minimum completeness criteria (the aim of this research is to find out the causative
factors non-achievement minimum completeness criteria (KKM) in learning biology class X student christian high school kesetnana. The method used is descriptive qualitative method. The data colletion technique used is the interview is determined is student have low motivation in learning, student have no interest in studying biology, students lact of readiness in participating in learning, there are still many parents who still do not pay attention to their children’s learning activities, children’s needs, children’s difficulties in learning, and there are also parents the have poor relationships in the family environment, have not used learning methods and media effectively and efficiently, the method of introducing and picking up assignments to school is considered ineffective, because student are required to be able to complete each task indenpendently without being accompanied by a teacher, and the lack of uducational facilities and infrastructure, in this study it can be concluded that there are two factors that influence the inability to achieve student learning outcomes according to the specified KKM is a factor that originates from within the student (internal) and factor that come from outside the student (eksternal) internal factor include motivation, interest, student readiness, while eksternal factors the include the familyenvironment and school environment.
Keywords : KKM; Internal factors; Eksternal factor


Ketersediaan
TA _ 00235My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
Pendidikan Biologi 2021
KKM
Faktor Internal
Faktor Eksternal
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Klomang, Leni
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETIDAK ̶ TERCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMA KRISTEN KESETNANA
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik