Electronic Resource
TA _ PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DISMP NEGERI 1 AMANUBAN BARAT
ABSTRAK
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Amanuban Barat menunjukkan bahwa prestasi dan motivasi belajar siswa pada materi Klasifikasi mahluk hidup rendah dan masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hal ini disebabkan oleh pribadi siswa itu sendiri yang acuh tak acuh pada saat pembelajaran berlangsung, sifat keingin tahuan pada mata pelajaran Biologi khususnya materi Klasifikasi Mahluk Hidup masih rendah, siswa lebih suka bermain dari pada belajar dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum sesuai sehingga tidak melibatkan siswa untuk aktif saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Example Non Example untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa pada materi. Klasifikasi Mahluk Hidup Penelitian ini merupakan penelitian kuanti desain one group dan desain yang digunakan adalah one group pre test-post test design, adapun tujuan yang dicapai dalam menggunakan desain ini adalah ingin mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi setelah diterapkan model pembelajaran yang inovatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatang prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Examle Non Example hal ini dapat dilihat dari Nilai rata-rata N-Gain yaitu 0,66 yang termasuk dalam kriteria sedang. Penilaian motivasi belajar siswa dari hasil penelitian yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Amanuban Barat terhadap siswa-siswi yang berjumlah 30 orang dengan perlakuan yang diperoleh 20 siswa termasuk kategori baik sekali, 6 siswa yang termasuk kategori baik dan 4 siswa termasuk kategori cukup sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil yang diperoleh 90% termasuk dalam kategori baik sekali, sehingga model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Examle Non Example Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa.
ABSTRACT
Based on the results of research conducted at SMP Negeri 1 Amanuban Barat it shows that student achievement and motivation in the classification of living things is low and still caryy the minimum completeness criteria this is due to the student „s own personality who is indifferent when learning takes place biology subjects especially the material. Clasification of living things is still low students prefer to play rather than learn and the learning strategy applied by the teacher is not appropriate so it active when teacing and learning. Ativities take place this study aims to determine application of the Example Non Example learning model to improve student achievement and motivation to classfy living this research quantitative one group desaig and the desaing used is a one group prit test post test desaing as. For the objective is to know student learning outcomes in biology subjects after applying an innovative learning model. The results of this studi indicate that,there is an increase student achievement after applying the Example Non Example learning model.This canbeseen from the N- Gain average value of 0,66 which is included in the moderate criteria. MAssessment of student learning motifation from the result of research conducted in grde 7 SMP Negeri 1 Amanuban Barat. Towards students a total of 30 people whit the trecatment obatanined by 20 students is in the very good category 6 students are in the good category and 4 students are in the sufficient category so it can be concluded that the results obtained are 90% in the very good category so that the Example Non Example learnig model canicrease student achievement and motivation.
Keywords: Learning model Example Non Example student achievement and motivation
TA _ 00229 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain