Electronic Resource
TA _ Penerapan Model Pembelajaran Student Tean Achievement Divisions (STAD) Berbantuan LKS Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri Oenino
ABSTRAK
Penelitan ini bertujuan untuk melihat peningkatan pemahaman konsep dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan LKS pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest postes design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Oenino. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa benar salah (B/S) untuk mengukur pemahaman konsep. Data kemudia dianalisis menggunakan SPSS kemudian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman konsep digunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbantuan LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini ditunjukandengan tes pemahaman konsep siswa sebelum diterapkan model STAD adalah 46.00 meningkat menjadi 83,08 dan hasil uji N-gain 0,752 yang masuk dalam kriteria tingggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbantuan LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Kata kunci: LKS; Pemahaman Konsep; Pencemaran Lingkungan; STAD
ABSTRACT
This research aims to see an increase in understanding of concepts by using a learning model Student Team Achievement Divisions (STAD) assisted by LKS on environmental pollution materials. This research is an experimental research, the
research design used isone group pretest posttest design. This research was conducted at SMP Negeri Oenino. The population in this study was class VII students which consisted of 2 classes and the sampling technique used waspurposive
sampling. The instrument used in this research is a written test in the form of true and false (B/S) to measure the understanding of the concept. The data is then analyzed using SPSS and to determine whether there is an increase in understanding of the concept, the test is usedN-gain. The results showed that the application of the STAD learning model assisted by LKS could improve students' conceptual understanding. This is shown by the student's concept understanding test before the STAD model was applied, which was 46.00 increasing to 83.08 and the test results were N-gain
0.752 which is included in the high criteria. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the STAD learning model assisted by LKS can improve students' understanding of concepts.
Keywords: worksheets; Concept Understanding; Environmental pollution; STAD
TA _ 00227 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain