Electronic Resource
TA _ Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Di SMPTK Pieter MiddelKoop Kuatnana
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi di SMPTK Pieter MiddelKoop Kuatnana, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah dan masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70.
Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang terlihat bahwa guru masih mendominasi proses pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dilakukan terus
menerus membuat suasana pembelajaran membosankan, dan juga tidak melibatkan siswa untuk aktif saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di SMPTK Pieter MiddelKoop Kuatnana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, menggunakan desain penelitian posttest-Only Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yaitu posttest dalam bentuk pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh menggunakan uji t-tes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Talking Stick. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig setelah dilakukan uji t-tes yaitu nilai sig 0,15>0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick dilihat dari hasil belajar kognitif siswa.
Kata kunci: Talking Stick, Hasil belajar kognitif siswa
ABSTRACT
Based on the results of observation at SMPTK Pieter MiddelKoop Kuatnana, it’s knowthat the students are still at a low level and still carriers minimum requirement that has been setup by the school is 70. It’s caused by the visible learning process that teacher that still dominate the learning process with conventional learning models. Outcomes the conventional learning models with the discourse method is contantly creating an atmosphene of learning that is bored and also does not in volve students being active while teaching activities take place. This research is almed to know the impact of the learning models outcomes Talking Stick for the cognitive learning result of second grade students at SMPTK Pieter Middekoop Kuatnana. The research methods used is experimental research method, used posttest research design only control group. The instrument used in this study is a written test, which is a posttest in multiple choice forms to measure the results of student cognitive study. The data analysis technique is used to test influences using t-test to know the differents students learning outcomes. The results of study indicate that there is an increase in student learning outcomes after the Talking Stick learning models was applied. This can be seen from the sig value after the t-test is carried out namly the sig value of 0,15>0,05. It could concluded that there is an increase in the result of students’ learning using the learning models Talking Stick learning model seen from students’ cognitive learning outcomes.
Keywords: Talking Stick, Students learning outcomes
TA _ 00226 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain