ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah deskripti…
ABSTRAK Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, masih menggunakan metode ceramah sehingga sis…
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII. Data kemampuan literasi sains siswa …
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Kristen Manekto Kuatnana melalui penerapan model pembelajaran picture and picture. Model penelitian yang digunakan ad…
Abstrak Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran bagi peserta didik secara aktif dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya untu…
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di kelas VIII …
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi plantae. Jenis penelitian ini adalah d…
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas VII3 dalam memahami materi biologi di SMP Negeri 3 Soe. Analisis data dilakukan secara kualitatif de…
ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri Satu Atap Penmina, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa kurang baik, kurang termotivasi, kurangnya semangat, rasa bosan dikelas, siswa tidak ak…
Abstrak Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. p…