Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAT HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI LIMAN
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi pada SMP Negeri Liman kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada masa pandemi covid-19 yaitu pembelajaran tatap muka terbatas.pembelajaranpada masa pandemi covid-19 ini, banyak siswa yang pasif dan mereka masih takut untuk bertanya kepada guru apabila ada hal yang belum dimengerti. Keberanian siswa untuk berbicara ketika pembelajaran tatap muka juga masih kurang, akibatnya peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk pembelajaran Biologi di SMP Negeri Negeri Liman adalah 66.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning.jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain one shot case study, pengambilan sampel secara random samplingmenggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan menggunakan uji N-gain untuk hasil belajar siswa. Berdasarkan uji N-gain didapat hasil belajar 0,7 jika dilihat dari kriteria N-gain, hasilnya berbedan di kriterian tingkat tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran biologi khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidupdapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam sebuah kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci ;Problem Based Learning (PBL),Hasil belajar
ABSTRACT
Based on haul observation at the laman state junior hing school,lerning activities carried out
during the covid-19 pandemic were limited face-to-face lerning.not understood courage of
students to speak whan face-to-face lerning is also still lacking as a result students are less
activety involved in lerning, so that it affects learning outcomes. The minimum
completenees criteria (KKM) for Biology learning at SMP Liman is 66. This research is to
determine student learning outcomes by applying the problem based leraning model.,with a
one group pre-test pos-test desain,random sampling using one class as the exsperimental
class. Analysis of the data used using I Ngan for wa learning outcomes. Based on the N-gain
test, the learning haul obtained is 0,7 when viewed from the N-gain criteria,the results are
diffent in hing-level criteria. From the results of this study it can be concluded that the use of
problem based learning learning models in the biological learning process,especially in the
classification of living things, it can improve students learning outcomes in a learning
acrtivity.
Keywords;Problem Based Learning(PBL) learning outcomes
TA _ 00208 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain