Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 AMANUBAN TENGAH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Amanuban Tengah, guru tidak menerapan model pembelajaran yang efektif dan berinovatif. Hal tersebut berpengaruhi pada hasil belajar Ipa Biologi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Amanuban Tengah khususnya pada materi sistem pernapasan pada manusia dimana hanya 20% siswa yang mempunyai nilai di atas KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berbedaan hasil belajar siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran picture and picture dan siswa yang di ajar menggunakan model konvensional. Desaian penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakanan Post-Test Only Control Group Desain. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII dengan sampel terdiri dari dua kelas yang ditentukan dengan metode random sampling atau secara acak. Data berupa hasil belajar yang di ukur menggunakan soal post-test. Nilai hasil belajar kognitif dilihat dari nilai rata-rata post-test kelas ekperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yaitu 75,96 > 51,57 yang berarti ada perbedaan hasil belajar antara kedua kelas tersebut. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Amanuban Tengah pada materi sistem pernapasan pada manusia.
Kata kunci : Hasil belajar; picture and picture
ABSTRACT
Based on the results of observations at Middle Amanuban 1 Public Middle School, the teacher
did not apply an effective and innovative learning model. This affected the learning outcomes of Science
Biology class VIII students at SMP Negeri 1 Amanuban Tengah, especially in the subject of the human
respiratory system where only 20% of students scored above the KKM. The purpose of this study was to
find out the differences in the learning outcomes of students who were taught using the picture and
picture learning model and students who were taught using conventional models. The research design is
quantitative using a Post-Test Only Control Group Desain. The research population was class VIII
students with a sample consisting of two classes determined by random sampling method. The data is in
the form of learning outcomes that are measured using post test questions. The value of cognitive
learning outcomes seen from the average post- test score of the experimental class is better than that of
the control class, namely 75,96 > 51,57 which means there are differences in learning outcomes between
the two classes. The results of the study can be concluded that the picture and picture learning model
influences the learning outcomes of class VIII students at SMP Negeri 1 Amanuban Tengah on the subject
of the human respiratory system.
Keywords: Learning outcomes; picture and picture
TA _ 00156 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain