Electronic Resource
TA _ ANALISIS FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SMP SWASTA KRISTEN 2 SOE KELAS VIII
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP Swasta Kristen 2 Soe. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar IPA dibagi menjadi dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Sebanyak 23 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini dan diminta untuk menjawab 30 pernyataan terkait kesulitan belajar IPA. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor internal memiliki kontribusi yang lebih besar dalam menyebabkan kesulitanbelajar siswa dalam pembelajaran IPA. Terdapat 17 pernyataan dari 30 pernyataan yang terkait dengan kesulitan belajar dari faktor internal. Hal ini menunjukkan bahwa sekitar 60% dari kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan masuk dalam kategori sedang. Faktor internal yang signifikan meliputikesehatan siswa, minat siswa, dan sikap siswa terhadap pembelajaran IPA. Di sisi lain, faktor eksternal juga
memberikan kontribusi terhadap kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Terdapat 13 pernyataan dari 30 pernyataan yang berkaitan dengan faktor eksternal. Namun, kontribusi faktor eksternal lebih rendah dibandingkan faktor internal, hanya sekitar 22%. Faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa mencakup lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Hasil wawancara dengan siswa dan guru menunjukkan bahwa faktor internal lebih dominan daripada faktor eksternal dalam menyebabkan kesulitan pembelajaran IPA. Wawancara memberikan sudut pandang berharga dari para siswa terkait pengalaman dan persepsi mereka terhadap faktor-faktor tersebut. Selama wawancara, siswa menyatakan bahwa rendahnya motivasi dan minat terhadap IPA menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar mereka. Penelitian ini juga konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa kesulitan belajar secara umum lebih banyak dipengaruhi oleh faktor internal atau dari diri siswa itu sendiri. Dalam kesimpulannya, hasil penelitian ini menekankan pentingnya perhatian terhadap faktor-faktor internal seperti kesehatan siswa, minat siswa, dan sikap siswa terhadap pembelajaran IPA sebagai upaya untuk mengatasi kesulitan belajar IPA di SMP Swasta Kristen 2 Soe. Pihak sekolah dan keluarga juga perlu memperhatikan faktor-faktor eksternal seperti lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih kondusif bagi siswa. Contohnya, menyediakan buku pembelajaran IPA di rumah. Sedangkan di lingkungan sekolah guru – guru lebih kreatif dalam menyampaikan materi agar siswa tidak jenuh dan siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
Kata kunci: Kesulitan Belajar IPA
TA _ 00146 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain