Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS
ABSTRAK
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi di SMA Kristen 1 Soe, kurang menerapkan model pembelajaran yang berinovasi sehingga menurunnya aktivitas belajar siswa kelas X. Dari permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Adapun metode penelitian yang digunakan berupa metode kuantitatif dengan desain penelitian pre- experimental design (One-shot case study). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling, dengan teknik analisis dihitung mengunakan uji skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 30 siswa yang diteliti dalam dua kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example, menunjukan perbedaan persentase aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis persentase indikator aktivitas belajar siswa, pada pertemuan pertama memperoleh rata-rata persentase 78% dengan jumlah 9 siswa dalam kategori
sangat baik dan 21 siswa dalam kategori baik, sedangkan pertemuan kedua terdapat perbedaan yang signifikan dengan rata-rata persentase skor 87% dengan 23 siswa dalam kategori sangat baik dan 7 siswa dalam kategori baik. Hal ini menunjukan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang signifikan dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci: Model pembelajaran Example Non Example, aktivitas belajar siswa.
ABSTRACT
The main problem in this study is that the biology subject teacher at SMA Kristen 1 Soe does not apply innovative learning models so that the learning activities of class X students decrease. From these problems, the purpose of this study is to determine the increase in student learning activities using the Example Non learning model. Example. The research method used is a quantitative method with a pre-experimental design (One-shot case study). Sampling using purposive sampling technique, with the analysis technique is calculated using a Likert scale test. The results showed that as many as 30 students were studied in two meetings using the Example Non Example learning model, showing the difference in the percentage of student learning activities. Based on the results of the analysis of the percentage of indicators of student learning
activities, at the first meeting an average percentage of 78% was obtained with 9 students in the very good category and 21 students in the good category, while the second meeting there was a significant difference with an average percentage score of 87% with 23 students in the very good category and 7 students in the good category. This shows the learning process by using the Example Non Example learning model there is a significant increase in student learning activities
from meeting 1 to meeting 2 with very good criteria.
Keywords: Example Non Example learning model, student learning activities.
TA _ 00141 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain