Electronic Resource
TA _ PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
ABSTRAK
Pembelajaran biologi masih berfokus pada guru, buku dan metode yang digunakan yaitu metode ceramah sehingga media pembelajaran alat peraga masih kurang diterapkan dalam proses mengajar yang mengakibatkan siswa menjadi malas, kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran pada hasil belajar siswa menyebabkan 35% siswa yang mencapai KKM sedangkan 65% siswa yang tidak mencapai KKM. Hasil belajar siswa yang mengalami penurunan KKM, dipengaruhi oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan alat peraga dengan meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 1 Mollo Utara. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode desain One Group Pre-test Post-test Design, pengambilan sampel secara random sampling. Analisis data menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda dengan empat jawaban alternatif dan menggunakan uji N-gain untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis uji N- gain didapat hasil analisis sebesar 0,65 termasuk kriteria sedang sedangkan rata-rata hasil belajar siswa saat pre- test 71,17 dan hasil post-test di peroleh 86,35, dari nilai rata-rata ini mengalami peningkatan sebesar 15,18. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1
Mollo Utara pada materi sistem pencernaan pada manusia dan penerapan alat peraga. Kata Kunci; Alat Peraga, Sistem Pencernaan Pada Manusia, dan Hasil Belajar
ABSTRACT
Biology learning still focuses on teachers, books and the method used, namely the lecture method, so that teaching
aids are still not implemented in the teaching process, which results in students becoming lazy and lacking
enthusiasm in participating in learning, so that in the learning process, student learning outcomes result in 35%
of students who reached the KKM while 65% of students did not reach the KKM. The learning outcomes of
students who experience a decrease in KKM are influenced by the use of less effective learning methods. The aim
of this research is to determine the application of teaching aids to improve student learning outcomes on the
human digestive system at SMP Negeri 1 Mollo Utara. This type of research uses quantitative research, with the
One Group Pre-test Post-test Design method, sampling randomly. Data analysis uses a multiple choice test
instrument with four alternative answers and uses the N-gain test to determine student learning outcomes. Based
on the results of the N-gain test analysis, the analysis result was 0.65, including medium criteria, while the average
student learning result during the pre-test was 71.17 and the post-test result was 86.35, from this average value
there was an increase. of 15.18. From the results of this research it can be concluded that there has been an
increase in the learning outcomes of class VIII2 students at SMP Negeri 1 Mollo Utara on the subject of the
human digestive system and application of props.
Keywords; Teaching aids, human digestive system, and learning outcomes
TA _ 00120 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain