Electronic Resource
TA _ PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS VIII SMP KRISTEN 1 SOE
ABSTRAK
Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif dalam menyelesaikan masalah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pengaruh
model NHT Tehadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain one grup Pre-test Post-tes, pengambilan sampel secara random sampling, menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji N-gain untuk mengetahui hasil belajar. Berdasarkan uji N-gain didapat hasil belajar 0,72 jika dilihat
dari kriteria N-Gain, hasilnya berada pada kriteria tingkat tinggi dan data yang diperoleh menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 84%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam proses pembelajaran biologi khususnya pada materi Sistem Peredaran darah Pada Manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam sebuah kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : NHT, dan hasil belajar.
ABSTRACK
Learning outcomes are the abilities that students have after receiving their learning experience. In the learning process carried out by teachers, the still use the lecture model so that students are less active in solving cases or problems encountared during discussions, critical thinking abilities are low. The aim of this research in student learning outcomes
with the influence of the NHT model on student learning outcomes. This type of research is quantitative research, with a one group pre test post test design, random sampling, using one class as the experimental class. Data analysis uses the N-gain test to determine learning outcomes. Based on the results of the N-gain test, the learning outcomes were 0.72 when viewed from the N-gain criteria, the results werw at a high level of criteria and the data obtained showed that there was an increase in student learning outcomes of 84%. From the results of this research it can be concluded that the use ofe the NHT model on student learning outcomes in the biology learning process, especially in the material on thre human circulatory system, can improve student learning outcomes in a learning activity.
Key Words : NHT and learning outcomes
TA _ 00118 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain