Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Kelas VIII SMP Negeri Liman

Electronic Resource

TA _ Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Liman

THIUS, MERSI MARIA - Nama Orang; Billik, Agsen H.S. - Nama Orang; Takaeb, Matheos J. - Nama Orang;

Abstrak
Keberhasilan dalam proses pembelajaran ditentukan oleh kualitas proses yang dialami oleh siswa. Proses pembelajaran di SMP Negeri Liman masih menerapkan pembelajaran yang bersifat teacher center (berpusat pada guru), serta kurangnya fasilitas belajar IPA terpadu seperti buku sumber dan laboratorium IPA yang menyebabkan prestasi siswa rendah, dimana 75% siswa belum mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimum), maka dari itu dilakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media gambar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Liman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata prestasi belajar kelas yang diterapkan model pembelajaran GI berbantuan media gambar dengan rata-rata prestasi belajar kelas yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain true eksperimen pre test-post test
control group design. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas sampel yaitu kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal tes. uji hipotesis dilakukan dengan teknik statistik uji-t (independent sample test).Hasil pengujian hipotesis yaitu terima H0 jika thitung < ttabel dengan taraf nyata a= 0,05. Hasil uji diperoleh thitung = 2,013 dan ttabel = 2,007 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Ada perbedaan yang signifikan dari rata-rata prestasi belajar siswa kelas kelas eksperimen dengan rata-rata prestasi belajar siswa kelas kontrol.
Kata Kunci: Group Investigation; Media gambar; Prestasi belajar.
Abstract
Success in learning process was determined of how deep students implementing the quality process that was experienced. The learning process in SMP Negeri Liman still implemented the teacher center model and lack of learning sources such as books and laboratory that affected the students‟ achievement to be low which were 75% of the students were not able to reach the minimum standard of learning competence. Based on the problem above, the researcher did a study to find out the effect of group investigation (GI) learning model which supported of pictures in learning process. The study aimed at finding out the distinct of the average of students‟ learning achievement at class which implemented the group investigation learning model and the average of students‟ learning achievement at conventional class. This study used experiment method by designing true experiment pre-test and post-test control group design. The sample of the study
were grade VIII3 as the control group and VIII4 as the experiment class. Instrument that was used in the study was the test questions. The hypothesis testing was done by statistical technique t-test (independent sample test). The results of the study showed that H0 receipt if t count < t table with the real extent of a 2 = 0.05. The result of the test obtained by t count = t table = 2.007 and 2.013, thus H1 accepted and H0 was rejected. Based on the result above, it can be concluded that
there was a significant difference from the average of students learning achievement at class experiment and the average of students‟ learning achievement at control class.
Keywords: Group Investigation: Pictures Media: Learning Achievement


Ketersediaan
TA _ 00006My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: ., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan Biologi 2017
Group Investigation; Media gambar; Prestasi belaja
Tugas Akhir
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
THIUS, MERSI MARIA
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Liman
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik