Electronic Resource
TA _ POLA PERILAKU KETERLAMBATAN SISWA-SISWI KELAS VIII SMP NEGERI 2 AMANUBAN BARAT TERHADAP MATA PELAJARAN IPA TERPADU
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola perilaku keterlambatan siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 2 Amanuban Barat pada mata pelajaran IPA Terpadu. Penelitian menggunakan strategi studi kasus, dengan metode penelitian kualitatif, subjek yaitu siswa-siswi kelas VIII. Pencatatan sumber data melalui wawancara dan pengamatan, merupakan hasil gabungan dari kegiatan melihat, mendengar, dan bertanya. Teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Rencana
pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan ketercukupan referensial.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab keterlambatan siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 2 Amanuban Barat ialah, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal misalnya, kebiasaan bangun tidur yang tidak tepat waktu dan bermain-main dalam perjalanan. Sedangkan faktor eksternal misalnya jarak rumah ke sekolah yang jauh, terbatasnya kendaraan umum, dan membantu orang tua dalam mengerjakan pekerjaan rumah.
Kata kunci : Keterlambatan, mata pelajaran IPA Terpadu
TA _ 00009 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain