ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII. Data kemampuan literasi sains siswa …
ABSTRAK Proses pembelajaran masih cenderung pasif, siswa hanya mendengar dan mencatatapa yang disampaikan oleh guru, siswa kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran, sehingga pembelajara…
ABSTRAK Motivasi dan hasil belajar siswa yang kurang efektif, dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi dalam proses pemb…
Abstract This study aimed to find out what students speaking mistakes when doing presentation through video. This is a qualitative research. The participants were 5 students of Public Speaking cla…
ABSTRACT The aims of this study were to describe students listening improvement after being taught used Homographs Dictation. This research used classroom action research (CAR) method covering II …
Abstract This study aims to produce teaching materials for the human digestive system based on PBL that are valid, practical and effective. The research method used is Research and Development (R&…
ABSTRAK: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMK Negeri 1 Soe karna Rendahnya keaktifan siswa pada proses pembelajaran di sebapkan proses pembelajaran masih berpusat p…
Abstrak Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. p…
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernan pada siswa kelas VIII SMP Negeri Siso. Pada pembelajaran Biologi, guru masih menggunkan …
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 1 Mollo Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandinganmodel pembelajaran proble…