ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah deskripti…
Kesulitan belajar siswa umumnya dipengaruhi oleh dua aspek, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal melibatkan kurangnya minat dalam pembelajaran, kurangnya bakat alami dalam su…
ABSTRAK Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, masih menggunakan metode ceramah sehingga sis…
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa dengan pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team AchivementDivision pada materi k…
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII. Data kemampuan literasi sains siswa …
ABSTRAK Pembelajaran biologi masih berfokus pada guru, buku dan metode yang digunakan yaitu metode ceramah sehingga media pembelajaran alat peraga masih kurang diterapkan dalam proses mengajar yan…
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keaktifan siswa terhadap prestasi belajar biologi pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskrip…
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Kristen Manekto Kuatnana melalui penerapan model pembelajaran picture and picture. Model penelitian yang digunakan ad…
Abstrak Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran bagi peserta didik secara aktif dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya untu…
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di kelas VIII …