Electronic Resource
TA_PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DEMONSTRASI BERORIENTASI PADA AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMK NEGERI KOLBANO
Abstrak
Proses pendidikan pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa tidak terlihat aktif dalam kelas. Hal ini perlu diterapkan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri Kolbano Jurusan Teknologi Hasil Perikanan Tradisional. Desain penelitian ini adalah one shoot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri Kolbano, sedangkan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Hasil analisis menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Pertemuan I kategori baik sekali hanya 7% kategori baik 14% dan kategori kurang baik dengan presentase tertinggi yaitu 79%. Sedangkan pada pertemuan II yaitu penerapan metode demonstrasi kategori baik sekali mencapai 50%, kategori baik 36% dan kategori cukup baik presentasenya 14%.
Kata kunci: Aktivitas belajar siswa; Metode demonstrasi; Pengawetan ikan
Abstract
The educational process in general still uses conventional learning models so students do not look active in class. This needs to be applied to an innovative learning model. The purpose of this study was to determine the Application of Demonstration Methods in Class XI Student Learning Activities at the Kolbano State Vocational School, the Department of Traditional Fisheries Product Technology. The design of this study is one shoot case study. The population in this study were all students of class XI Kolbano State Vocational School, while the sample collection using purposive sampling technique. The instrument used in this study was the observation sheet. The results of the analysis showed an increase in student learning activities in learning activities using the demonstration method. Meeting I very good category only 7% good category 14% and less good category with the highest percentage of 79%. Whereas at the second meeting namely the application of the demonstration method the category reached 50% very well, 36% good category and 14% good enough category.
Keywords: Student learning activities; Demonstration method; Fish preservation
TA _ 00298 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain