Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ Perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing

Electronic Resource

TA _ Perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing

Kase, Delila - Nama Orang; Uki, Nonci M. - Nama Orang; Bire, Markus O. H. - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 1 Mollo Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandinganmodel pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan dengan desain yang digunakan prettes-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII4 yang merupakan kelas eksperimen 1 dan kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan uji t-test dimana rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 adalah 85 dan kelas eksperimen 2 adalah 83, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan analisis N-gain yang menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 0,81 dan kelas eksperimen 2 dengan rata-rata 0,80. Hal ini dapat menunjukan bahwa proses pembelajaran terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang disignifikansi dari pertemuan 1dan pertemuan 2. Berdasarkan perbedaan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem based learning lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari pada model inkuiri terbimbing.

Kata kunci: problem based learning, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis.


Ketersediaan
TA _ 00296My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Inkuiri Terbimbing
Problem Based Learning
Tugas Akhir
berpikir kritis
Pendidikan Biologi 2020
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Kase, Delila
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ Perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik