Electronic Resource
TA _ ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
ABSTRACT
This research aimed to analyze math students’ communication ability reviewed by their learning style. This research applied descriptive qualitative. Participant of this research was VIII students of SMP Negeri 1 Mollo Utara consist of 17 students. Math students’ communication ability test, questionnaire of learning style and interview (semi structure)were implemented for collecting data. The result showed that, each student has different learning style. Visual learning style students able to reach indicator in presenting math ideas through diagram, use notation and symbol in delivering math ideas and describe
relations on coordinate of diagram. Then, Auditorial learning style students able to get Nindicator in presenting math idea in form of diagram, employ notation and math symbol delivering idea and take conclusion from math statement and kinesthetic learning style student able to present math idea in form of diagram, apply notation and symbol.
Keywords: Math communication ability, learning style.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mollo Utara sebanyak 17 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa, angket gaya belajar dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Siswa dengan gaya belajar visual dapat memenuhi indikator menyatakan ide matematika dalam bentuk diagram, menggunakan notasi dan simbol dalam menyajikan ide matematika dan menggambarkan hubungan-hubungan pada diagram koordinat. Siswa dengan gaya belajar auditorial dapat memenuhi indikator menyatakan ide matematika dalam bentuk diagram, menggunakan notasi dan simbol matematika dalam menyajikan ide dan menarik kesimpulan dari pernyataan matematika dan siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat
memenuhi indikator menyatakan ide matematika dalam bentuk diagram, menggunakan notasi dan simbol.
Kata Kunci : kemampuan komunikasi matematis, gaya belajar.
TA _ 00269 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain