Electronic Resource
TA _ PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
This study aims to produce study of self-concept on students, mathematics learning achievement. The research method used is descriptive quantitative. The population in this study were all students of class VIII5 SMP N 3 Soe in the odd semester of 2020/2021 while the reseach sample used was students in class VIII 5 who where selected by simple random sampling technique. Data collection techniques in this study used a trumpet to obtain self-concept data and UTS scores in mathematics subjects in the odd semester of the year 2020/2021 to obtain data on students’mathematics learning achievement. The data analysis teacnique used is simple linear regression. The results showed that there was an influence between self-concept on students’ mathematics learning achievement by 71%, while the remaining 29% was influenced by other factors not examined in this study. The regression equatins is Ŷ = 57,740 + 0,246X which means that every one-unit addition to the self-concept, the student’s mathematics learning achievement will increase by 0,247 units.
Keywords: self-concept, students’ mathematics learning achievement.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kajian tentang pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Soe semester ganjil, tahun pelajaran 2020/2021 sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah siswa pada kelas VIII 5 yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data konsep diri dan nilai UTS pada mata pelajaran matematika semester ganjil tahun palajaran 2020/2021 untuk memperoleh data prestasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara konsep diri terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 71% sedangkan 29% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pesamaan regresinya adalah Ŷ = 57,740 + 0,246X yang berarti setiap penambahan satu satuan pada konsep diri maka prestasi belajar matematika siswa akan bertambah 0,247 satuan.
Kata kunci: konsep diri, prestasi belajar matematika siswa.
TA _ 00260 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain