Electronic Resource
TA _ ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI GENDER
ABSTRACT
Error is a form of perversion of one thing that has been deemed right or distortion of an agreed-upon or foreordained thing. The study aims to analyze the student’s error in finishing the story based on Newman’s error analysis reviewed from gender. The subject in this study is student SMPN 3 Soe an odd semester 2020/2021 of 17 male students and 7 female students. This method of research is qualitative descriptive using data collection techniques using observation, testing and interviews. The data analysis technique follows Miles and Huberman with a validity test using technical triangulation. Research shows that in finishing the story both male and female students made an error on Newman’s error analysis steps. The most mistakes made by the student are those made by 17,64% of the male students and 11,76% of the female students, the comprehension error, the transformation and skill processes were made by 11,76% of the male students and 5,88% of the female students, while the faults on the notation were made by 5,88% of the male and female students.
Keywords: error, NEA, Gender
ABSTRAK
Kesalahan adalah bentuk penyimpangan terhadap satu hal yang telah dianggap benar atau bentuk penyimpangan terhadap suatu yang telah disepakati atau ditetapkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Newman’s error analysis ditinjau dari gender. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas SMPN 3 Soe semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 17 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data mengikuti model Miles dan Huberman dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal cerita baik siswa laki-laki maupun perempuan melakukan kesalahan pada tahapan Newman’s Error Analysis. Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah kesalahan membaca yang dilakukan oleh 17,64% siswa laki-laki dan 11,76% siswa perempuan, kesalahan memahami, transformasi, dan keterampilan proses masing-masing dilakukan oleh 11,76% siswa laki-laki dan 5,88% siswa perempuan, sedangkan kesalahan pada notasi dilakukan oleh 5,88% siswa laki-laki maupun perempuan.
Kata Kunci:Kesalahan, NEA, Gender
TA _ 00257 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain