Electronic Resource
TA _ ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI SISO
ABSTRACT
Understanding ability of mathematical concept is ability in grasp and understands math ideas. This research aimed to analyse comprehension ability of SMP Negeri Siso students Participant of study is VIIA students of SMP Negeri Siso academic year 2020/2021 which consist of 17 students. Descriptive qualitative method was used in this study and interview test and documentation were used for collecting data. Data analyses imitate Miles and Huberman thus validity test done by triangulation technique. The result showed, math students’ comprehension ability of math concept categorize into three namely high, medium and low. High category consist of 4 students by average 23.52% filled indicators ability of math
concept namely restating concept they have learnt, classified objects based on math concept, reapply concept algorithms, gave example or contra of math concept, presented concept in different representation, correlated various math concepts internally and externally. Medium category consist of 10 students by average 58.82% filled indicators namely restating concept they have learnt, classified objects based on math concept and reapply concept algorithms. Low category consist of 3 students by average 17.64% only filled indicator restating concept they have learnt.
Keyword: analysis, understanding concept mathematical
ABSTRAK
Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan menyerap dan memahami ide-ide matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri Siso. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri Siso semester genap tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 17 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti Miles dan Huberman jadi uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikategorikan menjadi tiga yaitu tinggi, sedang dan rendah. Siswa pada kategori tinggi terdiri dari 4 siswa dengan rata-rata sebesar 23,52% memenuhi indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika, menerapkan ulang konsep secara algoritma, memberikan contoh atau kontra contoh dari konsep matematis, menyajikan konsep dalam berbagai representasi, mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal dan external. Siswa pada kategori sedang terdiri dari 10 siswa dengan rata-rata sebesar 58,82% memenuhi indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika dan menerapkan ulang konsep secara algoritma. Siswa pada kategori rendah terdiri dari 3 siswa
dengan rata-rata sebesar 17,64% memenuhi indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari.
Kata kunci: analisis, pemahaman konsep matematis
TA _ 00255 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain