Electronic Resource
TA _ PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN EDMODO DAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online menggunakan media Edmodo dan Google Classroom terhadap motivasi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan instrumen pengumpulan data adalah instrumen lembar angket motivasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase motivasi belajar belajar tiap indikator dan besar peningkatan motivasi belajar dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil analisis N-Gain diperoleh bahwa besar peningkatan motivasi belajar peserta didik menggunakan media Edmodo sebesar 60% dengan kategori sedang. Sedangkan pengaruh besar peningkatan motivasi belajar peserta didik menggunakan media Google Classroom sebesar 76% dengan kategori sedang. Rata-rata persentase motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Edmodo secara keseluruhan untuk semua indikator adalah sebesar 76,4% menjadi 90,6% dan Google Classroom 61,2% menjadi dan 91,2%. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran Edmodo dan Google Classroom dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik.
Kata Kunci: edmodo, google classroom, motivasi belajar
This study aimed at identifying the impact of online learning using Edmodo and Google Classroom towards students’ learning motivation. Quantitative design was used with descriptive quantitative method. The technique used to gain the data was questionnaires and the instrument used was motivation questionnaires’ sheets. The technique used to analyze data was descriptive percentage of learning motivation on each indicator and the percentage of learning motivation increase which were analyzed using N- Gain test. The analysis result of N-Gain test showed that the increase of students’
learning motivation using Edmodo was 60% by medium category. While the impact of students’ learning motivation increase using google classroom was 76% by medium category. The overall average percentage of students’ learning motivation before and after using Edmodo for all indicators was 76.4% become 90.6% and Google Classroom was 61.2% become 91.2%. By looking at this result, it could be concluded that there was impact of using Edmodo and Google Classroom learning media towards students’learning motivation
Key Words: Edmodo, Google Classroom, Learning Motivation
TA _ 00251 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain