Electronic Resource
TA _ PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN di MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA KRISTEN KAPAN
ABSTRAK
Video pembelajaran merupakan media yang mampu menggabungkan teknologi audio dan visual secara bersama sehingga menghasilkan suatu tayangan yang dinamis dan menarik dan video pembelajaran dapat disimpan di handphone, flashdisk, dan laptop, sehingga mudah dibawa kemana-mana,dan mudah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisaan terhadap penggunaan video pembelajaran di masa pandemi covid-19 di SMA Kristen Kapan kelas XI MIPA B. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan metode Borg and Gall. Subjek dalam penelitian adalah siswa SMA Kristen Kapan kelas XI MIPA B, sebanyak 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji coba video pembelajaran oleh ahli materi dinyatakan valid dengan presentase yang di dapatkan adalah 21% yang menyatakan setuju, sedangkan hasil persentase dari ahli media adalah 18,75% yang menyatakan setuju sehingga video pembelajaran dikatakan valid. Selanjutya melihat hasil motivasi belajar siswa dengan hasil yang diperoleh 74% dengan kategori sangat setuju karena siswa termotivasi belajar menggunakan video pembelajaran di masa pademi covid-19, dari data yang di dapatkan dikatakan video pembelajaran valid, efektif dan praktis digunakan sebagai media belajar di masa pandemi covid-19untuk meningkatakan motivasi belajar siswa di SMA Kristen Kapan.
Kata kunci: Pengembanagan video pembelajaran, motivasi belajar
ABSTRACT
Learning videos are media that are able to combine audio and visual technology together to produce a dynamic and interesting show and learning videos can be stored on cellphones, flash drives, and laptops, making them easy to carry everywhere, and easy to use. This study aims to determine the validity, effectiveness, and practicality of the use of
learning videos during the covid-19 pandemic at Christian High School Kapan class XI MIPA B. This study uses the Research and Development method using the Borg and Gall method. Subjects in the study were Christian High School Students in class XI MIPA B, as many as 20 people. The results of this study indicate that the results of the learning video trial by material experts are declared valid with the percentage obtained is 21% who agree, while the percentage of media experts is 18.75% who agree so that the learning video is said to be valid. Furthermore, looking at the results of student learning motivation with the results obtained 74% in the category of strongly agree because students are motivated to learn to use learning videos during the covid-19 pandemic, from the data obtained it is said that learning videos are valid, effective and practical to use as learning media during the pandemic covid- 19 to increase student learning motivation at Christian High School When.
Keywords: Development of learning videos, motivation to learn
TA _ 00243 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain