Electronic Resource
TA _ Efektifitas Model Pembelajaran Picture and Picture, Example Non Example dan Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa
ABSTRAK
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Model Pembelajaran Picture and Picture, Example Non Example dan Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa dilihat dari hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan Quasi Experimental sedangkan Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster random sampling. Penelitan ini dilaksanakan SMP Negeri I Mollo Utara dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 51 siswa, yang terdiri dari 3 kelas diantaranya kelas VIII2, VIII3 VIII4. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis meliputi pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda untuk mengukur efektifitas model pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas yaitu eksperimen1 0.475>0.05, eksperimen2 0.101>0.05, eksperimen3 0.717>0.05 maka dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal, Uji homogenitas yaitu 0.948>0.05 05 maka dapat dikatakan bahwa data berdistribusi homogen. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan efektifitas menggunakan N-Gain yaitu eksperimen1 0,73 dengan kriteria tinggi, eksperimen2 0.58 dengan kriteria cukup, eksperimen3 0.42 dengan kriteria cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan efektifitas pemahaman konsep siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia.
Kata kunci:Model Picture and Picture, Example Non Example, Problem Based Learning dan Pemahaman konsep belajar siswa.
ABSTRACT
This study aims to determine the effectiveness of the Picture and Picture learning Model, Non Example Example and Problem Based Learning on students’understanding of concepts seen from student learning outcomes. The research Quasi Experimental, While the sampling in this study used Cluster random sampling. This research was conducted at SMP Negeri 1 Mollo Utara with a total sample of 51 students, consisting of 3 slasses between class VIII2, class VIII3 and class VIII4. The instrument used in this study was a pretest and posttest in the form of multiple choices to measure the effectiveness of the learning model. The data analysis technique used is the normality test, namely experiment1 0,475>0,05, experiment2 0,101>0,05, experiment3 0,717>0,05, it can be said that the data is normaly distributed, The homogeneity test is 0,948>0,05, it can be said that the data is homogeneous. Meanwhile, to know the increase in effectiveness using N-Gain, namely experiment1 0,73 with high criteria, experiment2 0,58 with sufficient criteria, experiment3 0,42 with sufficient criteria. Thus it can be concluded that the picture and picture learning model can increase the effectiveness of students’ understanding of the concept of the digestive system in humans.
Keywords : Picture and Picture model, Example Non Example, Problem Based Learning and understanding of students’ learning concepts.
TA _ 00242 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain