Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ Efektifitas Model Pembelajaran Picture and Picture, Example Non Example dan Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa

Electronic Resource

TA _ Efektifitas Model Pembelajaran Picture and Picture, Example Non Example dan Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa

Nubatonis, Thofil F. - Nama Orang; Uki, Nonci M. - Nama Orang; Leo, Marince I. - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Model Pembelajaran Picture and Picture, Example Non Example dan Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa dilihat dari hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan Quasi Experimental sedangkan Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster random sampling. Penelitan ini dilaksanakan SMP Negeri I Mollo Utara dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 51 siswa, yang terdiri dari 3 kelas diantaranya kelas VIII2, VIII3 VIII4. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis meliputi pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda untuk mengukur efektifitas model pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas yaitu eksperimen1 0.475>0.05, eksperimen2 0.101>0.05, eksperimen3 0.717>0.05 maka dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal, Uji homogenitas yaitu 0.948>0.05 05 maka dapat dikatakan bahwa data berdistribusi homogen. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan efektifitas menggunakan N-Gain yaitu eksperimen1 0,73 dengan kriteria tinggi, eksperimen2 0.58 dengan kriteria cukup, eksperimen3 0.42 dengan kriteria cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan efektifitas pemahaman konsep siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia.
Kata kunci:Model Picture and Picture, Example Non Example, Problem Based Learning dan Pemahaman konsep belajar siswa.
ABSTRACT
This study aims to determine the effectiveness of the Picture and Picture learning Model, Non Example Example and Problem Based Learning on students’understanding of concepts seen from student learning outcomes. The research Quasi Experimental, While the sampling in this study used Cluster random sampling. This research was conducted at SMP Negeri 1 Mollo Utara with a total sample of 51 students, consisting of 3 slasses between class VIII2, class VIII3 and class VIII4. The instrument used in this study was a pretest and posttest in the form of multiple choices to measure the effectiveness of the learning model. The data analysis technique used is the normality test, namely experiment1 0,475>0,05, experiment2 0,101>0,05, experiment3 0,717>0,05, it can be said that the data is normaly distributed, The homogeneity test is 0,948>0,05, it can be said that the data is homogeneous. Meanwhile, to know the increase in effectiveness using N-Gain, namely experiment1 0,73 with high criteria, experiment2 0,58 with sufficient criteria, experiment3 0,42 with sufficient criteria. Thus it can be concluded that the picture and picture learning model can increase the effectiveness of students’ understanding of the concept of the digestive system in humans.
Keywords : Picture and Picture model, Example Non Example, Problem Based Learning and understanding of students’ learning concepts.


Ketersediaan
TA _ 00242My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
pemahaman konsep
Problem Based Learning
Tugas Akhir
Example Non Example
Pendidikan Biologi 2021
Model Picture and Picture
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nubatonis, Thofil F.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ Efektifitas Model Pembelajaran Picture and Picture, Example Non Example dan Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik