Electronic Resource
TA _ PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP KRISTEN 2 SOE
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya pengembangan bahan ajar IPA di SMP Kristen 2 Soe kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan pengembangan bahan ajar sistem gerak pada manusia. Penelitian ini melibatkan 30 orang siswa kelas VIII A dan VIII B sebagai objek penelitian dengan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Metode penelitian ini merupakan penelitian (R&D) dengan desain penelitiannya adalah Research and Development (R&D). Data yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar berupa pilihan ganda (PG) dan dianalisis menggunakan uji N-Gain, Sedangkan motivasi belajar siswa menggunakan lembar angket yang dianalisis menggunakan Ms.excel. MRata-rata hasil belajar siswa adalah 80 yang tergolong kriteria tinggi berdasarkan Mkriteria N-Gain sedangkan rata-rata motivasi belajar siswa adalah 80. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa VIII A dan VIII B SMP Kristen 2 Soe.
Kata Kunci : Bahan ajar ; Hasil belajar ; Motivasi
Abstract
The background of conducting this study is that there is no science learning materials developed at SMP Kristen 2 Soe grade VIII. The objective of this study is to find out students’ motivation and learning achievement through developing learning materials on human motion system. The participants of this study were 30 students who were included in
group A and B and the sample were taken using purposive sampling technique. The design of this study was Research & Development (R&D). The data were collected by using test in the form of alternatives (choice). The data were analyzed using N-gain test, meanwhile, learning motivation was analyzed relying on the questionnaire using MS Excel. The
students’ average score was 80 and categorized into high category based on N-gain criteria, while, the average of their learning motivation was 80. Based on the result of the study, it can be concluded that the learning materials developed is considered effective to improve students’ learning motivation and learning outcomes.
Keywords: Learning Materials; Learning Achievement; Motivation
TA _ 00241 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain