Electronic Resource
TA _ PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM GERAK PADA MANUSIA DENGAN MODE LPICTURE AND PICTURE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMA KRISTEN 2 SOE
ABSTRAK
Bahan ajar merupakan segala bahan baik informasi, alat, maupun teks yang disusun secara sistematis, yang menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan perencanaan dan penelaah implementasi pembelajaran (Prastowo, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisaan dan keefektifan terhadap penggunaan bahan ajar sistem gerak pada manusia dengan model picture and picture di SMA Kristen 2 Soe kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan metode Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA Kristen 2 Soe kelas XI MIA1 sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dengan rata-rata persentase 92%, bahan ajar juga praktis digunakan berdasarkan hasil analisis kuesioner respon guru dengan persentase 92%, dan respon siswa dengan jumlah persentase 90%. Bahan ajar ini juga efektif digunakan, berdasarkan hasil analisis pertemuan pertama termasuk dalam kriteria sangat baik dengan rata-rata persentase 24% sedangkan pada pertemuan kedua terdapat peningkatan yang signifikan dengan rata-rata persentase 91% dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukan proses pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar sistem gerak pada manusia dengan
model picture and picture, terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa yang signifikan dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 sebesar 76%, dengan kriteria sangat baik. Data yang diperoleh menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar sistem gerak pada manusia dengan model picture and picture dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Kata Kunci: Pengembangan bahan ajar, kevalidan, kepraktisan, keefektifan bahan ajar
ABSTRACT
Theaching materials are all materials, both information tools and text that are systematically arranged, swhich displays a complete firuge of the competenies that will be mastered by students and used in the learning process whit the aim of planning and analyzing learning implementation. This study aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of the use of motion system teaching materials in humans with the picture and picture model that has been done at SMA Kristen 2 Soe clas XI. This research uses the development method or by using the borg and gall method. The results showed that the teaching materials developed by valid with on average percentage of 92%, theaching materials are also practically used based on the results of the teacher response questionnaire analysis with a percentage of 92%, and student responses with a percentage of 90%. This teaching material is also effectively used based on the results of the analysis of the first meeting which is included in the good criteria with on everage percentage of 24% while at the second meeting there was a significant increasewith an average percentage of 91% and was invery good criteria. This shows the learning process using
human motion system teaching materials with a model picture and picture, there was a significant in crease in student learning activeness from the first meeting to the second meeting by 76% whit very good criteria. The data obtained shows that the development of motion system teaching materials in humans with a picture and picture model is stated tobe very valed, practical, and effective as a learning medium to increase student learning activeness.
Keywords: development of teaching materials, validity, practicality, effectiveness of teaching materials.
TA _ 00240 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain