Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS XI
ABSTRAK
Motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia masih sangat rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya kreativitas guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
Pre-Experimental Design (One-group Pre-test Post-test Design). Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa memperoleh data sebesar 82% dengan kategori sangat tinggi, sedangkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan uji t-test memperoleh rata-rata prestasi belajar siswa pada pertemuan 1 sebesar 22% dan meningkat pada pertemuan 2 sebesar 80%, peningkatan prestasi belajar siswa dibuktikan dengan analisis N-gain dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80%. Hal ini menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran terjadi peningkatan motivasi dan prestasi belajar
siswa yang signifikan dari pertemuan 1 ke pertemuan 2. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada materi sistem pernapasan manusia dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mengefektifkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci: Project Based Learning, motivasi belajar, prestasi belajar siswa
Abstract
Students’ motivation and achievement on human respiratory system is still very low. It is caused by teacher’s uncreativity in designing inovative learning materials. The research is aimed at describing the implementation of Project-Based Learning Model to improve students’ motivation and achievement on human respiratory system, grade XI. The method of this study was experimental and the design was Pre-Experimental Design (One-group Pre-test Post-test Design). The result showed
that students’ learning motivation reached 82% and ranged as very high, meanwhile, students’ achievement analized using t-test gained the mean score reaching 22% for the pretest and improved to be 80% for the posttest. Improvement of students’ learning achievement was analized using N-gain in which the mean score was 80%. The condition showed that the learning process showed significant result from the1st test to the 2nd test. It can be concluded that Project-Based Learning Model is effective to improve students’ learning motivation and achievement especially related to human respiratory system.
Keywords: Respiratory System, Learning Motivation, Learning Achievement.
TA _ 00237 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain