Electronic Resource
TA _ PENGEMBANGAN ALAT PERAGA VIRUS BERORIENTASI PADA KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMA KRISTEN MANEK TO KUATNANA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan terhadap penggunaan Alat peraga Virus di SMA Kristen Manek To Kuatnana. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan metode Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA Kristen Manek to Kuatnana kelas X MIA3 sebanyak 24 orang yang di ambil secara acak. Data keaktifan belajar siswa dikumpulkan melalui lembar angket/observasi dan analisis menggunakan uji kevalidan,kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kevalidan alat peraga adalah persentase 78%, dengan kategori valid, rata-rata kepraktisan alat peraga 67% kategori sangat praktis dan rata- rata keefektifan alat peraga 71% kategori sangat baik, dan rata-rata keaktifan belajar siswa 60% kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat peraga virus dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Kata Kunci: alat peraga , kevalidan, kepraktisan, keefektifan alat peraga, keaktifan belajar siswa
ABSTRACT
This study aims to determine the validity of the practicality and effectiveness of the use of tolls virus proppsin sma Kristen manek to kuatnana. This research uses the method of development or research and development using the method bord and gall. The subjects in this study were student sma Kristen manek tokuatnana MIA3 a total of 24 people are taken at random. Student learning activity data is collected throught a questionnaire and observation and analysis using practicality and effectiveness tests. The results showed tha the average validity of teaching aids was a percentage of 78% with a good category,the average practicality of teaching aids was 67% in the very practical category. And the average effectiveness of teaching aids is 71% in good category and the average student learning activity is 60% in good category.
Keywords: teaching aids the practicality of the effectiveness of teaching aids for student learning activities
TA _ 00234 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain