Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP KRISTEN 1 AMANUBAN BARAT MATERI KEPADATAN PENDUDUK DAN DAMPAK LINGKUNGAN
ABSTRAK
Rendahya prestasi belajar siswa disebabkan karena kurangnya penerapan model pembelajaran yang tepat dan inovatif pada saat proses pembelajaran berlangsung.Namun keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh pelaksana
kegiatan belajar mengajar,yakni keterpaduan antara kegiatan pembelajaran dengan kegiatan peserta didik.Dengan penerapan model pembelajaran model Contextual Teaching and Learning (CTL) adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat memotivasi siswa untuk memahami makna dan materi pelajaran yang dipelajari dalam kehidupan sehari - hari adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan sistem yang merangsang otak untuk menyusun pola - pola yang mewujudkan makna. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melibatkan para siswa
dalam aktivitas penting yang membantu mereka mengaitkan pembelajaran akademis dengan konteks kehidupan nyata yang mereka hadapi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif desain one group pre -
test post - test. penelitian dilakukan di Smp Kristren 1 Amanuban Barat, populasinya adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 5 kelas,sampel yang dijadikan sebagai kelas penelitian adalah 1 kelas yaitu kelas IX dengan teknik cluster random sampling.Teknik pengambilan data yaitu melakukan test dengan analisis data N- Gain untuk mengukur peningkatan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ada peningkatan prestasi belajar siswa melalui uji- N-gain dengan hasil
0,67 dengan kategori baik/tinggi. Dengan demikian hipotesis alternatif (H0) diterima dan hipotesis (H1) ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar siswa di Smp Kristen 1 Amanuban Berat dengan model Contextual Teaching And Leraning.
Kata kunci:, Contextual Teaching And Leraning,Kepadatan Penduduk dan Dampak Lingkungan,Prestasi Belajar
ABSTRACK
The Low student learning achievement due to lack of proper and innovative learning model implementation during the learning process. This research is experimental research with quantitative method of design one group pre - test post - test. The research was conducted at Smp Kristren 1 Amanuban Barat, the population is all nine grade students of five classes, the sample used as a research class is one class that is nine grade by cluster random sampling techniques. Data retrieval technique is to conduct a test with N-Gain data analysis to measure the improvement of student learning achievement. The results showed that there was an increase in students' learning achievement ability through the N- gain test with a result of 0.67 with a good category/high. Thus the alternative hypothesis (H0) is accepted and the hypothesis (H1) is rejected, so it could concluded that there is an increase in student learning achievement in Smp Kristen 1 Amanuban Barat with contextual teaching and leraning models. SMP Kristen 1 Amanuban Barat, population is whole student class 1X total five class simple
which is made as class research is one class is class that is class 1Xc with technical cluster random sampling. Teachnical taking data N-gain to measure improvement learning achievement student. Bassed on research in SMP Kristen 1 Amanuban Barat there is and in crease ability Learning achievement student throught test N-gain with result 0,67 by category good high. Thus hypothesis alternative (H0) be accepted and hyphotesis (H1) reject.Then it is concluded that there is enhancement learning achievement student in SMP Kristen 1 Amanuban Barat with application model Learning Contextual Teaching and Learning.
Keyword: Contextual and Learning, Learning achievement
TA _ 00233 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain