Electronic Resource
TA _ PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BIOLOGI SISWA SMA NEGERI BENLUTU KELAS XI MIPA
ABSTRAK
Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pesatnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya perbaikan pada sistem pendidikan termasuk pada penyempurnaan kurikulum. Penggunaan media pembelajaran sangat membantu guru mengembangkan dan memperdalam proses belajar mengajar di kelas. Penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dengan tepat dapat mempengaruhi aktivitas, minat dan motivasi belajar siswa yang tentunya akan mempengaruhi prestasi belajarnya. Oleh sebab itu, diperlukan media pembelajaran yang tidak membosankan. Salah satunya adalah dengan media yanag berbasis permainan, seperti Teka-teki silang. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, guru kurang menerapkan media pembelajaran yang berbasis permainan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata biologi pada siswa kelas X SMA Negeri Benlutu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahap kegiatan yakni Analisis (analysis),
Perencanaan (design), Pengembangan (development), Penerapan (implementasi), dan Evaluasi(evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Benlutu dengan subjek uji siswa kelas XI MIPA2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media teka teki silang yang dikembangkan valid dengan rata-rata persentase 86% dengat kategori sangat valid, media teka-teki silang ini juga efektif digunakan, berdasarkan hasil analisis yang diperoleh. Data yang diperoleh menunjukan bahwa media
teka-teki silang dinyatakan sangat valid, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Edukatif, Teka Teki Silang, Kosakata, ADDIE
ABSTRACT
Education plays a very important role in the development of science and technology. The rapiddevelopment of science and technology requires improvements in the sducation system, including curriculum improvements. The use of learning media is very helpful for teachers to develop and deepen the teaching and learning process in the classroom. The use of varied learning media appropriately can affect the activities, interests and motivation of students to learn which will certainly affect their learning achievement. Therefore, a learning media that is not boring is needed. One of yhem is using game-based media, such as crossword puzzles. Based on the results of observations made, the teacher did not apply game based learning media. This study aims to increase the vocabulary of biology in class X SMA Negeri Benlutu. This research is a type of development research or known as Research and Development (R&D). This study uses the ADDIE model with five
stages of activity, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. This research was conducted at SMA Negeri Benlutu with the test subjects of class XI MIPA2 students.The results showed that the developed crossword puzzle media was valid with an average percentage of 86% with a very valid category, this crossword puzzle media was also effectively used, based on the results of the analysis obtained. The data obtained showed that the crossword puzzle media was declared very valid, and effectively used as a learning medium to be used in the learning process.
Keywords : Educational, Crosswords, Vocabulary, ADDIE
TA _ 00232 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain