Electronic Resource
TA _ Peningkatan hasil belajar siswa SMP melalui Penerapan Model PBL berbantuan media audio visual materi zat Aditif dan adiktif
ABSTRAK
Ketidaktepatan model pembelajaran dan media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran mengkaji salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri Liman. Pembelajaran di sekolah masih didominasi metode ceramah atau pembelajaran berpusat pada guru dan siswa tidak dilibatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji besar peningkatan nilai rata-rata hasil besar kognitif siswa setelah mendapatkan perlakuan model PBL dalam materi zat aditif dan adiktif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest postest, yang melibatkan 1 kelas yaitu kelas VIII3 sebagai kelas eksprimen yang berjumlah 24 siswa sampel diambil secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji normalitas, sebelum menerapkan model pembelajaran peningkatan hasil belajar siswa menurun yaitu 53,21 bahwa peningkatan hasil belajar siswa masih rendah, dan sesudah menerapkam model Problem Based Learning peningkatan hasil belajar siswa meningkat yaitu 87,67 yang artinya ada perbedaan penggunaan model pembelajaran sebelum dan sesudah melakukan perlakuan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP
Negeri Liman.
Kata Kunci :Media Audio Visual; Hasil Belajar;Problem Based Learning.
ABSTRACT
The inaccuracy of the learning model and audio-visual media used by the teacher in the learning process results in low student learning outcomes in integrated science subjects at SMP Negeri Liman. Teaching in schools still uses the lecture or teacher-centered learning method and students are not maximally involved in the learning process. The research objective was to determine the application of, problem based learning model assisted by audio visual media to improve student learning outcomes. The research design used in this study was one group prestest postest. The population of this study was all students of class VIII SMP Negeri Liman consisting of 1 class with a total of 24 students. The population of this study was all students of class VIII SMP Negeri Liman consisting of 1 class with a total of 24 students. The results of the research in the class before doing the treatment obtained an average value of 53,21 and after applying the PBllearning model an average value of 87,67 was obtained. Based on the results of the research, it can be concluded that the application of the PBL learning model assisted by audio-visual media is to improve the learning outcomes of class VIII students of SMP Negeri Liman.
Keywords : Audio-visual;Learning outcomes;Problem Based Learning
TA _ 00230 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain