Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, DAN EXPLAIN BERORIENTASI PADA HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X MIA SMA KRISTEN 1 SOE

Electronic Resource

TA _ PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, DAN EXPLAIN BERORIENTASI PADA HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X MIA SMA KRISTEN 1 SOE

Nuban, Bilha - Nama Orang; Sabat, Dian R. - Nama Orang; Son, Rosalina S.S. - Nama Orang;

ABSTRAK
Pembelajaran merupakan salah satu proses dalam bidang pendidikan yang berfungsi mengembangkan potensi dan kompetensi siswa. Salah satu alternative yang mendukung kemajuan potensi siswa adalah adanya media pembelajaran seperti buku paket. Namun, ditemukan pada SMA Kristen 1 tidak adanya buku paket mata pelajaran biologi. Hal ini sebaiknya siswa diberikan sebuah bahan ajar yang menarik agar siswa dapat belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar biologi pada materi virus di kelas X yang valid, praktis dan efektif dengan menggunakan
model Predict, Observe, Explain (POE). Prosedur pengembangan model POE menggunakan metode 4-D (Four-D Model). Pengembangan tahap pertama pendefinisian (define) ini dilakukan penetapan syarat-syarat pembelajaran dengan menganalisis standar kompetensi dan batasan materi pelajaran berdasarkan standar isi kurikulum 2013. Tahap ini terdiri dari 3 langkah yaitu analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis siswa. Tahap kedua perancangan (design) pada tahap ini dilakukan perancangan terhadap bahan ajar yang berbasis model pembelajaran POE berbantuan modul, dengan dua tahap, yaitu: penyusunan instrumen yang diperlukan dalam penelitian ini dan perancangan prototype bahan ajar. Tahap ketiga (develop) merupakan tahap untuk menghasilkan produk pengembangan melalui dua langkah, yakni: 1) penilaian ahli (expert appraisal) yang diikuti dengan revisi, dan 2) uji coba pengembangan terbatas pada siswa (developmental testing). Tahap keempat penyebaran (dessiminate) dengan mempublikasikan bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan, pada ranah kognitif 88,2 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas . Kompetensi siswa pada ranah kognitif bisa meningkat karena siswa bisa memahami konsep-konsep biologi dengan baik, ini disebabkan perangkat yang digunakan siswa pada proses pembelajaran yaitu LKS dan bahan ajar berbasis model POE.
Kata Kunci : Materi Virus, Modul, Pengembangan Predict, Observe, Explain (POE).
ABSTRACT
Learning is a process in the field of education that functions to develop students potential and competencies. One alternative that supports the potential progress of students is the existence of learning such as textbooks. However, it was found that at SMA Kristen 1 Soe there was no biology textbook. This case, students should be given an interesting teaching material so that students can learn independently. This study aims to produce vald, practical and effective biology teaching materials on virus material in class X using the Predict, Observe, Explain (POE). The procedure for developing the POE learning model uses the 4-D method ( Four-D Model). The development of the first stage of defining ( Define) is to determine the conditions of learning by analyzing competency standards boundaries based on the 2013 curriculum content standards. This stage consists of 3 steps, namely curriculum analysis, concept analysis, and student analysis. The second stage of design at this stage is to design teaching materials based on the module- assisted POE learning model, in two stages, namely : the preparation of the instruments needed in this study and the design of the teaching material prototype. The third stage is the stage for producing development products through two steps, namely 1) expert assessment followed by revisions, and 2) limited development trials for students. The fourth stage is dissemination by publishing the teaching
materials that have been developed.
Keywords : Virus Material, Modules, Development Predict, Observe, and Explain


Ketersediaan
TA _ 00228My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
Pendidikan Biologi 2021
Materi Virus
Modul
Pengembangan Predict
Observe
Explain (POE)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nuban, Bilha
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, DAN EXPLAIN BERORIENTASI PADA HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X MIA SMA KRISTEN 1 SOE
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik