Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Electronic Resource

TA _ PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Taneo, Andri - Nama Orang; Son, Rosalina S.S. - Nama Orang; Makleat, Melifera Y. - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Bileon. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pre-test dan pos-test untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Awal pertemuan sebelum perlakuan pada kelas eksperimen pre-test yaitu 53,79 sedangkan pre-test pada kelas kotrol yaitu 45,96. Setelah perlakuan pada kelas eksperimen posttest yaitu 83,08 dan kelas kontrol posttest yaitu 66,92. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa adanya perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen yang diajarkan mengguakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol yang diajarkan menggunakan ceramah. Hal ini dapat dikatakan bahwa adanya perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan dilihat dari nilai rata-rata.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL) dan Hasil Belajar Kognitif Siswa.
Abstract
The purpose of this study is to see how the Problem Based Learning (PBL) paradigm affects eighth-grade students at SMP Negeri Satu Atap Bileon's cognitive learning results. Pre-test and post-test data were used to determine the cognitive learning results of the students in this study. The findings of this study show that the average value of students' cognitive learning outcomes before and after therapy differs. The experimental class's initial meeting before treatment pre-test was 53.79, while the control class's pretest was 45.96. The experimental class posttest after treatment was 83.08, while the control class posttest was 66.92. Based on these findings, it can be concluded that the experimental class taught using
the PBL paradigm and the control class taught using lectures have different cognitive learning outcomes. When compared to the average value, there is a fairly large difference in learning outcomes.
Keyword : Problem-Based Learning (PBL) and Student Cognitive Learning Outcomes are two terms that spring to mind while thinking about this study.


Ketersediaan
TA _ 00225My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
Hasil belajar kognitif siswa
Problem Based Learning (PBL)
Pendidikan Biologi 2021
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Taneo, Andri
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik