Electronic Resource
TA _ ANALISIS PERAN GURU BIOLOGI SMA KRISTEN 1 SOE DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MASA PANDEMI COVID-19
ABSTRAK
Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan pada sektor pendidikan sehingga telah menyebabkan terjadinya beberapa perubahan pada komponen kurikulum yang diterapkan di Indonesia. Hal tersebut menuntut guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran guru biologi SMA Kristen 1 Soe dalam mengimplementasi kurikulum 2013 pada masa pandemi Covid-19 meliputi 3 komponen utama yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada 4 guru biologi di SMA Kristen 1 Soe dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles and Huberman melalui 3 tahap yakni reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru biologi SMA Kristen 1 Soe dapat menerapkan kurikulum 2013 dengan baik pada proses perencanaan pembelajaran akan tetapi tidak dapat menerapkan secara maksimal pada proses pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran karena kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran serta sulitnya pembuatan instrumen penilaian sikap dan keterampilan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas penerapan
kurikukum 2013 pada mata pelajaran biologi tidak dapat dilaksanakan oleh guru biologi SMA Kristen 1 Soe secara maksimal selama pandemi Covid-19.
Kata Kunci : Guru Biologi; Kurikulum 2013; Pandemi Covid-19
ABSTRACT
The Covid-19 pandemic has had a significant impact on education sector, which has caused several changes to the curriculum components implemented in Indonesia. This requeres teachers to be more creative and innovation in planing, inplementing, and evaluating learning well. This study aims to analyze the role of biology teachers at SMA Kristen 1 Soe in implementing the 2013 curriculum during the Covid-19 pandemic includes 3 main components namely planinng, inplementing, and evaluating learning. This research was conclucted on 4 biology teachers at SMA Kristen 1 Soe using a descriptive qualitative approach. Data collection techriques used are interviws, observation, and documentation. While the data analysis technique used is the data analysis technique of the Miles and huberman model through 3 stages, namely data reduktion, data display, and concluding the results showed that the biology teacher of SMA Kristen 1 Soe was able to apply the 2013 curriculum well in the learning planning process but could not implement maximally in action and
evaluation hence lack of students participation in learning process, difficult to make instruments for attitude and skill. Thus, effectiveness implementation of K13 curriculum especially for biology subjects could not be held by biology teachers in SMA Kristen 1 Soe maximally during Covid-19 pandemic.
Keywords : Biology teacher; Covid-19 pandemic; 2013 curriculum
TA _ 00223 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain