Electronic Resource
TA _ Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Penelitian ini bertujuan mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD pada pokok pembahasan struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII10 SMP Negeri 3 SoE. Model discovery learning diintegrasikan dalam LKPD untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII10 SMP Negeri 3 SoE. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi dosen ahli dan lembar validasi guru untuk menguji kevalidan LKPD, lembar angket untuk menguji kepraktisan LKPD, dan soal berupa pilihan ganda untuk menguji keefektifan LKPD. Berdasarkan hasil validasi LKPD oleh dosen ahli adalah 75% termasuk dalam baik dan guru adalah 90% berada pada kategori sangat baik. Hasil kepraktisan LKPD oleh peserta didik adalah 74,11% berada pada kategori baik. Hasil uji keefektifan LKPD yang diperoleh dari nilai N-Gain adalah 0,67 berada pada kategori cukup tinggi. Hal ini menandakan bahwa LKPD tersebut efektif untuk digunakan pada saat pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa LKPD yang digunakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Discovery Learning, LKPD, Berpikir Kritis Siswa
ABSTRACT
This study aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of LKPD on the subject of the discussion of the structure and function of plants in class VIII10 SMP Negeri 3 SoE. Discovery learning models are integrated in LKPD to improve students' critical thinking skills. This research is a development research. The sample of this research was students of class VIII10 SMP Negeri 3 SoE. The research instruments used in data collection were expert lecturer validation sheets and teacher validation sheets to test the validity of LKPD, student questionnaire sheets to test the practicality of LKPD, and multiple choice questions to test the effectiveness of LKPD. Based on the results of the LKPD validation by expert lecturers, 75% were in the good category and 90% were in the very good category. The results of the practicality of the LKPD by students were 74.11% in the good category. The results of the LKPD effectiveness test obtained from the N-Gain value were 0.67, which was in the high enough category. This indicates that the LKPD is effective for use during learning. It can be
concluded that the LKPD used is valid, practical, and effective so that it is suitable for use in the learning process.
Keywords: Discovery Learning, LKPD, Students' Critical Thinking
TA _ 00222 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain