Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN CONSEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Conseptual Understanding Procedurs pada materi Listrik Dinamis. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dalam bentuk One group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri Liman dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX2 dan kelas IX3 dengan jumlah siswa masing-masing kelas 26 orang yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dengan alat pengumpulan data soal test keterampilan proses sains dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik antara lain uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, uji kemampuaan awal sampel, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel dari kelas eksperimen A sebesar 2,414 > 1,705 dan kelas eksperimen B sebesar 0,969 > 1,705, sehingga Ha diterima, artinya terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa antara siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran pembelajaran Conseptual Understanding Procedurs (CUPs). Besar peningkatan keterampilan proses sains siswa berdasarkan N-gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Oleh karena itu, model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Kata kunci : Katerampilan Proses Sains, Discovery Learning, Conseptual Understanding Procedurs(CUPs).
Abstract
This study aims to improve students' science process skills (KPS) through the application of the Discovery Learning learning model and the Conceptual Understanding Procedures learning model on Dynamic Electricity material. The method used is a quantitative method in the form of One group pretest-posttest. The population in this study were all students at SMP Negeri
Liman. The sample for this research was students in class IX2 and class IX3 with 26 students in each class who were taken randomly. The data collection technique in this study was a test technique with data collection tools for science process skills test questions in the form of multiple choice and observation sheets. The data analysis technique used in this study is
statistical analysis including analysis prerequisite tests which include normality tests and homogeneity tests, initial sample ability tests, and hypothesis testing. The results of this study indicate that the value of tcount > ttable of experimental class A is 2.414 > 1.705 and experimental class B is 0.969 > 1.705, so that Ha is accepted, meaning that there are differences
in students' science process skills between students who are taught through the application of the Discovery Learning learning model and students who taught through the application of the learning model of Conceptual Understanding Procedures (CUPs). The magnitude of the increase in students' science process skills based on N-gain was 0.56 in the medium category. Therefore, the Discovery Learning learning model can improve students' science process skills.
TA _ 00212 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain