Electronic Resource
TA _ PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI GAYA
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah menerapkan media pembelajaran berbasis video untuk meremidiasi miskonsepsi siswa pada materi gaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest – Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Kencana Sakti Haumeni Soe, dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan alat pengumpulan data soal tes dan teknik angket dengan alat pengumpulan data lembar angket validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah analisis deskriptif danuji N- Gain. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerapkan media video nilai
rata-rata pre test 77,6 %, dengan miskonsepsi yang dialami siswa pada materi gaya tak sentuh, muatan–muatan listrik dan menganalisis massa suatu benda. Sebelum media video diterapkan divalidasi sehingga memperoleh persentasi rata–rata adalah 81,25. Setelah menggunakan media video nilai rata-rata post test menjadi 98,8 % dengan besar n-gain keseluruhan adalah 95,2 % pada kategori tinggi. Oleh karena itu media pembelajaran berbasis video yang digunakan dapat meremidiasi miskonsepsi siswa.
Kata kunci : Media Video, Materi Gaya, Meremidiasi Miskonsepsi
TA _ 00211 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain