Electronic Resource
TA _ PENERAPAN METODE FAST FEEDBACK MODEL RAINBOW CARDS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON
Abstrak
Guru kurang mengetahui kesulitan peserta didik dalam memahami konsep karena guru tidak mengoreksi tugas yang diberikan dan masih menggunakan metode pembelajaran yangkonvensional.Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan metode fast feedback model rainbow cardsdalam pembelajaranpada materi Hukum Newton.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif
model quasi-experimental dengan desain one grouppre-test and post-testdesign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhpeserta didik di SMA Kristen 1 Soe dengan sampel penelitian peserta didik kelas X Mia3 sebanyak 34 orang yang
diambil secara acak.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dengan alat pengumpul data soal tes pemahaman konsep bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakandalam penelitian ini adalah analisis statistik
uji t paired sample test, dan besar peningkatan pemahaman konsep menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai -thitung< -ttabel dari kelas eksperimen sebesar -33,334 < -2,03452 sehingga Ha diterima, artinya terdapat
peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah dibelajarkan menggunakan metode fast feedback model rainbow cards. Besar peningkatan pemahaman konsep berdasarkan N-Gain sebesar 0,96dengan kategori tinggi. Oleh karena itu,
metode fast feedback model rainbow cards dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi Hukum Newton. Kata kunci:Fast Feedback, Rainbow Cards, Hukum Newton dan Pemahaman Konsep
Abstract
Teachers do not know the difficulty of students in understanding concepts because the teacher does not correct the tasks given and still uses conventional learning methods. The purpose of this study is to determine the improvement of understanding of students' concepts by using the fast feedback model rainbow cards method in learningon Newton's Law material.The research method used is a quasi-experimental model quantitative method with a one-grouppre-test and post-
testdesign. The population in this study was all students at SMA Kristen 1 Soe with a study sample of 34 students of class X Mia3 students taken randomly. The data collection technique in this study is a test technique with a data collection tool for multiple-choice form concept understanding test questions. The data analysis technique used in this study is the statistical analysis of the t paired sample test, and a large increase in understanding of the concept using N-Gain. The results showed that the value of -tcounted< -ttable from the experimental class was -33.334 < -2.03452 so that Ha was accepted, meaning that there was an increase in the understanding of the concept of students after being studied using the fast feedback model rainbow cards method. The magnitude of the increase in understanding of concepts based on N-Gain was 0.96 with a high category. Therefore, the fast feedback method of the rainbow cards model can increase the understanding of students' concepts in newton's Law material
Keywords:Fast Feedback, Rainbow Cards, Newton's Law and Concept Understanding
TA _ 00210 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain