Electronic Resource
TA _ PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK
Abstrak
Telah dikembangkan LKPD berbasis problem solving dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik SMA Kristen Kapan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D).Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket dan teknik tes.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Mteknik deskriptif persentase, uji t sampel berpasangan dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan validasi desain LKPD dinyatakan sangat valid dengan persentase sebesar 85,00%. Hasil uji gain dikategorikan dalam kategori sedang dengan besar peningkatan 62%.Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem solvingefektif untuk
meningkatkan hasil belajar kognitif.
Katakunci : LKPD, hasil belajar kognitif, Problem solving
Abstract
Problem solving-based LKPD has been developed in improving the cognitive learning
outcomes of students of Christian High School Kapan.This research is a Research and
Development (R&D) research. The data collection techniques used in this study are
questionnaire techniques and test techniques. The data analysis technique was carried out
using percentage descriptive techniques, paired sample t-tests and N-Gain tests. The results
showed that the validation of the LKPD design was declared very valid with a percentage of
85.00%. The gain test results were categorized in the moderate category with a large
increase of 62%. So it can be concluded that problem-solving-based LKPD is effective for
improving cognitive learning outcomes.
Keywords : LKPD, cognitive learning outcomes, Problem solving
TA _ 00209 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain