Electronic Resource
TA _ ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA LURING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 SOE
ABSTRAK
Pandemi covid-19 memberi dampak yang signifikan pada sector pendidikan sehingga mengahruskan pembelajaran dilakukan secara luring dan daring begitupun sistem pembelajaran yang dilakukan oleh SMP Negeri 3 Soe menjadikan sistem pembelajaran dimasa pandemi dengan meiakukan pembelajaran secara luring. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan pembelajaran biologi secara luring selama masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Soe. Teknik penngambilan sampel dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Soe yang terdiri dari 29 orang partisipan diantaranya 28 orang siswa dan 1 orang guru ipa biologi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kaulitatif.
instrumen utama adalah peneliti sendiri, selanjutnya setelah fokus penelitian menjadi jelas, maka dikembangkan instrumen penelitian sederhana, yang diharapkan dapat melengkapi data dan membandingkan dengan data yang telah ditemukan melalui lembar angket, lembar wawancara wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik miles dan huberman melalui tiga tahap yakni mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran biologi secara luring selama masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Soe kelas VII, melakukan proses belajar mengajar dimama guru memberikan bahan ajar dan Lks kepada siswa-siswi untuk dikerjakan dirumah guna memenuhi kebutuhan belajar siswa selam masa pandemi, pelaksanaan pembelajaran biologi secara luring selama masa pandemi covid-19 dikatakan efektif karena dengan adanya pembelajaran secara luring dapat membantu guru maupun siswa dalam melaksanakan proses peembelajaran
Kata kunci: covid-19, Pembelajaran luring, SMP Negeri 3 Soe
ABSTRACT
The covid-19 has had a significant impact on the education sector so that I requires learning to be carried out offline learning system carried out by SMP Negeri 3 Soe making system during the pandemic by conducting off line learning. This study aims to anlyze the implementation of offline bology learning during the covid-19 pandemic at SNP Negei 3 soe. The sampling techniques and in this study were teacher and class VII grade students of SMP Negeri 3 Soe which consisted of 29 participants including 28 students and 1 person biology science teacher using a qualitative decriptive approach, the main
instrument is the researcher himself, then after the focus of the research becomes clear, a simple research instrument is developed which is expected to be able to complete the data and compare it with the data that has been foud though a questionnaire sheet, structured inteview questionnaires and documentation, while the data analysis technique uses the miles an hubermn teachnique through three stages, namely reducing data, presenting data, and drawing conclusions. the results of this study indicate that the implementation of offline biology learning during th covid-19 demonstration period at SMP Negeri 3 Soeon grade VII carried out aa taching and learning process in which the techer gave Mteaching naterials and worksheets to students to do at home to meet their lerning needsstudents during the pandemic the implemetation of offline biology learning during the covid-19 pandemi is said to be affective because offline learning can help teacher and studentss carry out the learning process.
Key word: covid-19, offline learning, SNP Negeri 3 Soe
TA _ 00207 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain