Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SISO

Electronic Resource

TA _ PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SISO

Liubana, Meiherlina L. - Nama Orang; Son, Rosalina S.S. - Nama Orang; Tefu, Meti O. F. I - Nama Orang;

Abstrak
Motivasi belajar yaitu keseluruhan daya penggerak atau dorongan di dalam diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang ditandai perubahan energi untuk mencapai tujuan yang di kehendaki. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain one grup Pre-test Post-tes, pengambilan sampel secara purposive menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan menggunakan uji N-gain untuk hasil belajar dan uji deskriptif menggunakan skala likert untuk mengetahui motivasi belajar siswa. mBerdasarkan uji N-gain didapat hasil belajar 0,7 jika dilihat dari kriteria N-Gain, hasilnya berada di kriteria tingkat tinggi sedangkan motivasi belajar didapat dengan menggunakan skala likert dan data yang diperoleh menunjukan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 80,58%.
Kata Kunci; motivasi dan hasil belajar
Abstract
Learning motivation is the overall driving force or encouragement in students to carry out learning activities marked by changes in energy to achieve the desired goals. Learning outcomes are changes in behavior obtained by students after experiencing learning activities. The purpose of this study was to determine the increase in motivation and student learning outcomes by applying the Problem Based Learning model. This type of research is quantitative research, with a one-group pre-test post- test design, purposive sampling using one class as the experimental class. Analysis of the data used using the N-gain test for learning outcomes and descriptive test using a Likert scale to determine students' learning motivation. Based on the N-gain test, the learning outcomes were 0.7 when viewed from the N-Gain criteria, the results were in the high level criteria while learning motivation was obtained using a Likert scale and the data obtained showed that there was an increase in student learning motivation of 80.58%.
Keywords; motivation and learning outcomes


Ketersediaan
TA _ 00206My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Motivation
Tugas Akhir
learning outcomes
Pendidikan Biologi 2022
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Liubana, Meiherlina L.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SISO
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik