Electronic Resource
TA _ PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kajian tentang pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang mengkaji tentang pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Kristen 1 Mollo Selatan tahun 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas sedangkan sampel penelitian adalah satu kelas yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes untuk mendapat data kemampuan verbal siswa, sedangkan data prestasi belajar matematika siswa diperoleh dari hasil ulangan harian mata pelajaran matematika semester genap tahun 2020/2021. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan verbal siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 40,6%. Persamaan regresinya adalah XY 701,0707,19^+= .
Kata Kunci: kemampuan verbal, prestasi belajar
Abstract
This research is aimed at presenting discussion about the effect of verbal competence toward students’ learning achievement in math. Descriptive quantitative was used as the method of this study. All the students of grade VII SMP Kristen 1 Mollo Selatan were the population consisting of two groups 1 classes. Meanwhile, the sample covered one group 1 class chosen through simple random sampling technique. The instrument used was test of students verbal competence and then analyzed using simple linear regretion. The result showed that there was effect on students’ verbal competence in math that reached 40,6 %. The formula was XY 701,0707,19^+= .
Keywords : verbal competence, learning achievement.
TA _ 00196 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain