Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Electronic Resource

TA _ PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Baok, Mefri A. - Nama Orang; Abi, Alfonsa M. - Nama Orang; Babys, Urni - Nama Orang;

ABSTRACT
The aim of this study is to determine the effect of students’ self-confidence and students activity on mathematics learning achievement. The research method used in this research is descriptive quantitative. The population on this study were all the students of XII grades in SMK Kristen Oinlasi in academic year 2022/2023. While the sample in this study is there are two classes of XII grades students with a total of 54 students who are taken by using simple random sampling technique. Data collection techniques used is a questionnaire for measuring students’ self-confidence and activeness, while mathematics learning achievement is taken from daily rate. Technical analysis of data using multiple linear regression test. The result showed that the linear regression equation Ŷ= 64.250 + 0.042 + 0.113 . Partial self-confidence does not affect students mathematics learning achievement, because the = 1.105 < = 2.058. while students’ activity showed a significant effect on mathematics learning achievementwhich is shown that the = 2,510 > = 2.058. Simultaneously the = 3.295> so HO is rejected and H1 is accepted, so it can be concluded together that self –confidence and students’ activity have a significant effect on Mathematics learning achievement in XII grades of students of SMK Kristen Oinlasi. The magnitude of the influence of self-confidence and student activity on student achievement in mathematics by 11.4% while the rest is influenced by other factors not examined in this study.
Keywords :Self confidence, student’s activeness, mathematics learning achievemnt
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Kristen Oinlasi tahun ajaran 2022/2023.Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIIsebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 54 yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kepercayaan diri dan keaktifan siswa, sedangkan prestasi belajar matematika diambil dari nilai ulangan harian.Teknis analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil
penelitian menunjukan bahwa persamaan regresi linear Ŷ = 64,250 + 0,042X1 + 0,113X2. Secara parsial kepercayaan diri tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa, karena nilai = 1,105 < = 2,058. Sedangkan keaktifan siswa menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika yaitu nilai = 2,510 > = 2,058. Secara simultan nilai = 3,295 > = 3,232 maka ditolak dan diterima, artinya secara bersama-sama kepercayaan diri dan keaktifan siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada siswa Kelas XII SMK Kristen Oinlasi. Besarnya pengaruh kepercayaan diri dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 11,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: kepercayaan diri, keaktifan siswa, prestasi belajar matematika


Ketersediaan
TA _ 00189My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
keaktifan siswa
prestasi belajar matematika
Pendidikan Matematika 2023
kepercayaan diri
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Baok, Mefri A.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik