Electronic Resource
TA _ PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
This study aims to produce a study of the effect of independent learning on students ability to understand mathematical concepts. This type of research uses a quantitative approach. The population in this study were all students of class VII Christian middle scool I mollo selatan for the academic year 2022/2023 which consisted of 2 classes while the research sample was taken I class, namely with sile random sampling technique. data collection instruments and technique class VIIB used in this study were tests in theform of essay questions which were compiled based on indicators of students ability to
understand mathematical concepts and independent learning questionnaires which were based on indicators of learning independence. The data analysis technique used is simple linear regression analysis. The results of the analysis obtained a significant value of 0,003 < 0,05. Which means that there is a significant influence between independent learning and the ability to understand students mathematical concepts 13,3% dan 86,7% .The regression equestion also gives the decision that Ŷ= 10,908+0,050X . which means that, for every adition of one unit. To independent learning students understanding of
mathematical concepts increases by 0,050 units.
Keywords : independent learning, conceptual understanding
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kajian tentang pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Kristen 1 Mollo selatan tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 kelas
sedangkan sampel penelitian diambil 1 kelas yaitu kelas VIIB dengan teknik simple random sampling. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes berupa soal uraian yang disusun berdasarkan indikator
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan angket kemandirian belajar yang disusun berdasarkan indikator kemandirian belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis diperoleh nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 13,3% dan 86,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar kemandirian belajar. Persamaan regresi juga memberikan keputusan bahwa Ŷ= 10,908+0,050X yang berarti setiap penambahan satu satuan pada kemandirian belajar maka pemahaman konsep matematis siswa bertambah sebesar 0,050 satuan.
Kata Kunci : kemandirian belajar, pemahaman konsep
TA _ 00183 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain