Electronic Resource
TA _ PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
This research aimed at providing a study on the impact of students’ mathematic learning interest towards learning achiement. The method used in this study was quantitative descriptive. The population of this study were all students of grade 8 (VIII) in Negeri 2 Amanuban Barat Junior High School in academic year of 2022/2023 and the samples were students in grade 8B which were chosen by using simple random sampling technique. The techniques used to gain the data for this study were questionnaire and the students’ mid-test result in order to get the data about students learning achievement in mathematics. Thetechique used was simple linear regression. The result of the study showed that there was impact of students’ mathematics learning interest towards learning achievements or 53,6% while the rest was influenced by other factors which were not studied. The equotion of its regression was Y= -24, 199 + 1, 028 X which meant that improvement in students’ learning achievement which was shown as 1,028 digits.
Key Words: Learning Interest, Student, mathematics Learning Achievement
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kajian tentang pengaruh minat belajar terhadap prsetasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Amanuban Barat Semester ganjil, tahun pelajaran 2022/2023 sedangkan sampel penelitian yang dugunakan adalah siswa pada kelas VIIIb yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data minat belajar dan nilai UTS pada mata pelajaran Matematika sermseter ganjil tahun ajaran 2022/2023 untuk memperoleh data pretasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 53,6% sedangkan sisanya 46,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. persamaan regresinya adalah Ÿ = - 24,199 + 1,028X yang berarti setiap penambahan satu satuan pada minat belajar maka prestasi belajar matematika siswa akan bertambah 1,028 satuan
Kata Kunci : Minat belajar, prestasi belajar matematika siswa.
TA _ 00182 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain